Dr. Eddie Kusuma,SH, MH Soft Launching Buku Berjudul ” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” Di Kemayoran Jakarta

JAKARTA, Opininews.id,- Kiprah Tokoh Tionghoa Nasionalis Dr. Eddie Kusuma,SH,MH yang sehari-hari berprofesi sebagai Advokat yang berlatar belakang pendidikan hukum dengan  gelar Doktor (S3). Selain itu Eddie Kusuma juga merupakan alumni Lemhannas RI Angkatan XIV. 

Disamping itu ternyata  Eddie Kusuma namanya juga dikenal sebagai seorang penulis banyak sudah karya-karyanya yang telah diterbitkan  salah satu karya yang paling fenomenal adalah buku yang diberikan judul “Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas”.yang diterbitkan  oleh  Lembaga Pengkaji Suara Kebangsaan Tionghoa Indonesia (SAKTI) bulan April 2023.

Maka tepat di hari yang spesial dalam rangka menyambut Imlek Tahun Naga Kayu 2024, Dialah Dr. Eddie Kusuma,SH, MH sebagai seorang tokoh masyarakat Tionghoa yang pluralis dan juga selaku penulis buku, menggelar Soft Launching Buku yang berjudul” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” bertempat di Resto Sinar Lestari, Sport Club Springhill – Kemayoran, Jakarta Pusat,  Senen, 12 Februari 2024. Dengan tujuan  mulia dalam rangka untuk mengenang jejak langkah  Aktivis tokoh Tionghoa yang sudah genap satu tahun Alm.Lieus Sungkharisma. 

Adapun  acara Launching Buku berjudul” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” yang dipandu oleh Adian Radiatus ini nampak semakin meriah dan hikmat, sambil menikmati hidangan makan malam bersama-sama dengan diiringi musik dan lagu bernuansa mandarin serta musik dangdut khas Indonesia.

Tentunya juga  yang menjadikan suasana menjadi istimewanya dalam Launching Buku berjudul” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas ” tersebut adalah dengan kehadiran para tokoh masyarakat Tionghoa Indonesia, diantaranya yaitu : Anda Hakim Ketua Umum Fortiber,  Michael Arnoldy yang mewakili pihak keluarga Alm Lieus Sungkharisma, dan Bang Lapong sahabat karib Alm Lieus Sungkharisma serta para sesepuh dan tokoh masyarakat Tionghoa Indonesia lainnya.

Dalam kesempatan itu Dr. Eddie Kusuma,SH, MH mengungkapkan bahwa yang melatar belakangi dibuatnya buku yang bertajuk Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” lantaran banyak kenangan manis yang ia kenal dari seorang Aktivis Tionghoa Alm Lieus Sungkharisma pasalnya sangat berbeda dari kebanyakan orang Tionghoa Indonesia lainnya. 

“Karena  beliau (Alm Lieus Sungkharisma) dikenal sebagai aktivis memiliki darah nasionalime kebangsaannya Indonesia yang berani melawan arus dalam memperjuangkan membela kebenaran dan keadilan orang-orang yang tertindas hingga rela dipenjara demi tanah air tercinta Indonesia,” ungkap Dr. Eddie Kusuma,SH, MH sebagai Penulis dalam prolognya.

Lebih lanjut Dr. Eddie Kusuma,SH, MH menceritakan perjalanan dirinya  bersama (Alm) Lieus Sungkharisma yang telah saling kenal sejak tahun 1999. Rasanya, diantara semua aktivis Tionghoa adalah dirinya yang paling banyak menghabiskan waktu dengan (Alm) Lieus Sungkharisma mulai dari tempur bareng, mikir bareng hingga pernah diusir dan nyaris digebukin oleh lawan politiknya.

“Maka atas dasar saya memahami sosok (Alm) Lieus Sungkharisma sebagai tokoh aktivis Tionghoa Indonesia yang memiliki jiwa kebangsaan dan cinta tanah air Indonesia yang paling totalitas mengharuskan Alm Lieus Sungkharismaberkorban seluruh jiwa raga dan hartanya, sehingga perjalanan saya dan Alm Lieus Sungkharisma ini mengilhami karya tulis,” kata Dr. Eddie Kusuma,SH, MH yang juga Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 3 Partai Gerindra Nomor Urut 3.

Sementara itu Michael Arnoldy yang mewakili pihak keluarga Alm Lieus Sungkharisma mengucapkan terimakasih kepada bapak Dr. Eddie Kusuma,SH, MH sebagai penulis buku  berjudul” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” yang telah sudi mendedikasikan dirinya untuk mengulas kenangan bersama Alm Lieus Sungkharisma ke dalam buku setebal 302 halaman, 

“Sehingga harapkan saya atasnama keluarga besar Alm Lieus Sungkharismadari buku karya tulis Dr. Eddie Kusuma,SH, MH ini bisa menjadi inspirasi masyarakat Tionghoa Indonesia lainnya,” ucap Michael Arnoldy yang merupakan menantu kesayangannya Alm Lieus Sungkharisma.

Sedangkan Bang Lapong sahabat karib  Alm Lieus Sungkharisma   dalam testimoninya terntang buku berjudul” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” hasil karya tulis Dr. Eddie Kusuma,SH, MH menilai dari isi referensi kisah perjalanannya buku setebal 302 halaman ini sangat bagus namun perlu ditambah lagi dengan referensi dari kawan-kawan Alm Lieus Sungkharisma lainnya.

“Karena saya juga selama bersahabat dengan Alm Lieus Sungkharisma banyak sekali kisah kenangan yang tidak bisa dilupakan jadi contoh sehingga bisa juga dijadikan referensi dalam buku ini,  pokoknya klo saya ceritakan semuanya nanti bisa nangis,  karena sosok  Alm Lieus Sungkharisma yang notabene tokoh minoritas masyarakat Tionghoa  yang  dianggap non muslim atau non pribumi justru Alm Lieus Sungkharisma lebih pribumi dari masyarakat pribumi aslinya,” pungkasnya.

Perlu diketuhi acara Soft Launching Buku tersebut diakhiri dengan secara simbolis membagikan karya tulis Buku berjudul” Lieus Sungkharisma Jejak Langkah Aktivis Kaum Minoritas” yang telah ditandatangi oleh Dr. Eddie Kusuma,SH, MH selaku penulis diserahkan masing-masing  kepada pihak perwakilan keluarga dan juga para sahabat maupun kolega Alm Lieus Sungkharisma yang hadir. Adapun total buku yang dibagikan sebanyak 1000 buku.

Editor : (Ichsan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *