APPKSI Deklarasi Nyatakan Sikap Dukung Prabowo -Gibran Menang Satu Putaran Di Pilpres 2024

JAKARTA, Opininews.id,- Ketua Umum Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI), A.M.Muhammadyah didampingi Sekretaris Jendral Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) Arifin Nur Cahyono mengatakan bahwa pada Kamis (25/1/2024) baru -baru ini, pihaknya mendatangi kediaman Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto untuk memberikan dukungan pada Prabowo- Gibran di Pilpres 2024.

Arifin menjelaskan, APPKSI mengajukan 5 agenda pada Prabowo- Gibran yang akan didukung oleh jutaan petani sawit , karena selama ini dana pungutan ekspor CPO tidak dirasakan oleh para stake holder perkebunan sawit terutama para petani sawit.

Arifin menyebutkan, dalam dukungan ini didasarkan pada program program Prabowo – Gibran yang mempercepat hilirisasi industri sawit dan mengedepankan pengurangan stunting secara massive dengan program peningkatan gizi dan pendidikan bagi masyarakat kecil sepertinya kami para stake holder industri sawit .Karena itu APPKSI mengusulkan pada Bapak Prabowo – Gibran agar setelah terpilih di pilpres 2024.

“Pertama kami meminta agar dana pungutan Ekspor CPO yang di himpun oleh BPDPKS agar di alokasikan bagi pendidikan anak anak kami dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta program bea siswa bagi anak anak petani dan pekerja di perkebunan sawit,

“Demikian dikatakan  Arifin dalam jumpa pers, bertempat di Kantor DPP Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia, Jl. Kayu Putih Timur 37, RT.1/RW.5, Kelurahan Pulo Gadung, Kecamatan. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Rabu (31/1/2024).

Lebih lanjut Arifin menjelaskan, kedua adalah agar ada program dari pemerintah untuk membangun sekolah menengah Kejuruan Perkebunan Kelapa Sawit di daerah daerah perkebunan sawit.

“Ketiga yaitu dana Pungutan ekspor CPO agar di alokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana  kesehatan di daerah areal perkebunan sawit dan pengobatan gratis bagi masyarakat  sekitar areal perkebunan sawit ,” ucap Arifin kepada sejumlah awak media termasuk OPININEWS.ID seusai  Deklarasi menyatakan sikap mendukung pasangan capres -cawapres Prabowo- Gibran di Kantornya APPKSI, Kayu Putih Timur Pulo gadung Jakarta Timur,  Rabu (31/1/2024).

Kemudian kata Arifin, yang keempat adalah soal dana pungutan Ekspor CPO agar benar benar digunakan untuk program pinjaman dana untuk revitalisasi kebun kebun petani plasma dan mandiri.

“Selanjutnya yang kelima, adalah mempercepat program sertifikasi lahan lahan perkebunan sawit para petani sawit plasma dan mandiri,” ungkapnya.

Menurutnya, adapun kelima poin tersebut menjadi tuntutan APPKSI  kepada pasangan capres -cawapres Prabowo- Gibran agar dilaksanakan jika terpilih nanti. Karena itu APPKSI dengan sadar dan iklas memberikan dukungan dan pilihan pada pilpres 2024 kepada Prabowo – Gibran . 

“Jadi wajar kami dari APPKSI mengajukan 5 agenda pada Prabowo- Gibran yang akan didukung oleh jutaan petani sawit , karena selama ini dana pungutan ekspor CPO tidak dirasakan oleh para stake holder perkebunan sawit terutama para petani sawit,” sebutnya.

Lanjutnya perlu diketahui, bahwa sebelumnya, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyatakan, dana pungutan ekspor yang telah terkumpul sejak Januari – Juni 2023 telah lebih dari Rp 15 triliun. Adapun proyeksi penerimaan dana pungutan ekspor tahun ini mencapai sekitar Rp 30 triliun.

Sebelumnya juga, Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman menyampaikan, dana pungutan ekspor sawit yang telah terkumpul hingga Mei 2023 mencapai Rp 186,6 triliun. Dana tersebut digunakan untuk sejumlah hal.

Di antaranya untuk penyaluran program biodiesel, program peremajaan sawit rakyat (PSR), program pelatihan, dukungan penyediaan sarana prasarana pekebun sawit, penelitian, dan lainnya.Tercatat, penyaluran untuk program PSR hingga Mei 2023 sebesar Rp 7,78 triliun, penyaluran untuk program biodiesel mencapai Rp 146,56 triliun, program pelatihan Rp 366,53 miliar, dan penelitian sebesar Rp 519,6 miliar.

Sementara itu Pengamat Politik dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jogjakarta, Ludiro Madu menilai adanya dukungan dari Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) akan menambah kekuatan bagi pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

“Adanya dukungan dari APPKSI pastinya akan menambah kekuatan bagi pasangan Prabowo -Gibran pada Pilpres 2024,” kata Ludiro kepada awak media termasuk OPININEWS.ID, di Kantornya Jakarta, Senin (29/1/2024) kemaren.

Selanjutnya Ludiro menyebutkan, jika Prabowo -Gibran terpilih menjadi presiden-wakil presiden di 2024, maka permintaan 5 usulan dari APPKSI harus di realiasikan agar tidak mengecewakan para petani sawit tersebut.

“Kalau Prabowo-Gibran menang terpilih menjadi presiden-wakil presiden di 2024, maka permintaan 5 usulan dari APPKSI harus di realiasikan agar tidak membuat kecewa para petani sawit tersebut,” ucap Ludiro.

Selain itu, kata Ludiro  APPKSI yakin bahwa Prabowo-Gibran akan mengambulkan lima usulan tersebut.

Menurut dia, nasib petani memiliki banyak harapan terhadap kepemimpinan Prabowo-Gibran khususnya pertanian kelapa Sawit.

“Tentunya nasib petani memiliki banyak harapan terhadap kepemimpinan Prabowo-Gibran khususnya pertanian kelapa Sawit. Karena mereka sudah sangat dikecewakan,” ujarnya.

Dia menambahkan, sudah saatnya para petani Sawit mendapatkan perhatian baik dari pendidikan, kesehatan dan kehidupan yang layak.

“Para petani Sawit butuh perhatian baik untuk pendidikan anak-anaknya , kesehatan dan kehidupan yang layak,” ucapnya.

Ditempat terpisah, Komandan Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo -Gibran, Haris Rusli Moti menyambut baik adanya dukungan dari Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI)  kepada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Kami sangat senang adanya dukungan dari Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia kepada Prabowo-Gibran, karena ini akan menambah kekuatan politik untuk menangkan satu putaran di Pilpres 2024,” kata Haris Rusli kepada awak media termasuk OPININEWS.ID, di Jakarta, Senin (29/1/2024) kemaren.

Kemudian Haris mengatakan, bahwa lima usulan APPPKSI akan terwujud bila Prabowo -Gibran menang pada pilpres 2024. Keyakinan itu bisa dilihat dari program Prabowo-Gibran yang memperhatikan nasib para petani serta petani sawit.

“lima usulan APPKSI akan terwujud bila Prabowo -Gibran menang pada pilpres 2024. Keyakinan itu bisa dilihat dari program Prabowo-Gibran yang memperhatikan nasib para petani serta petani sawit,” ujar Haris.

Adanya dukungan APPKSI ini membuktikan bahwa presiden-cawapres nomor urut dua itu bisa memberikan harapan baru dan kehidupan yang layak bagi para petani, khusus petani sawit.

“Dukungan APPKSI ini membuktikan bahwa presiden-cawapres nomor urut dua itu bisa memberikan harapan baru dan kehidupan yang layak bagi para petani, khusus petani sawit,” pungkasnya.

Editor :(Red/Ags).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *